Sabtu 26 Dec 2015 10:01 WIB

10 Aksi Kim Jong Un: Gaya Rambut hingga Toilet Bergerak

Kim Jong un
Foto:
Kim Jong un

PYONGYANG -- Kim Jong un terkenal akan ketegasan kepemimpinanya. Terbukti, dia beberapa kali menghukum bawahannya yang tidak taat terhadap peraturan yang ia buat.

Kini, ia kembali menerapkan peraturan yang cukup mencengangkan untuk semua pemuda yang berada di Korea Utara. Dirinya ingin semua pemuda di Korut mengikuti gaya potongan rambut yang selama ini tak pernah ia ubah.

Dilansir dari laman Dailymail pada Senin (30/11), meski terlihat aneh dan tidak keren, Kim sudah menyiapkan pelbagai sanksi tegas bila peraturan ini diabaikan oleh warganya. Bahkan, para pria tidak diperkenankan memiliki rambut panjang melebihi dua sentimeter.

Selain itu, dia juga meminta para wanita untuk mengikuti gaya rambut istrinya, Ri Sol-ju. Sanksi tegas itu akan diterapkan, terutama di perguruan tinggi.

"Petugas kampus selalu mengawasi mahasiswa sambil membawa gunting untuk memangkas rambut siapa saja yang panjang, khususnya laki-laki," kata salah seorang sumber.

Bahkan, salon dan pangkas rambut pinggir jalan di Ibu Kota Pyongyang tengah gencar mempromosikan gaya rambut ala Kim tersebut.

"Sudah beberapa tahun lalu rakyat di Korea Utara diperintahkan menghapus ideologi dan kebudayaan kapitalis. Razia rambut panjang bertujuan agar muda-mudi bersiap menghadapi acara majelis umum ketujuh Partai Pekerja."

sumber : pusat data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement