Selasa 31 May 2016 07:24 WIB

Ini Daftar Negara yang Paling tak Sehat dan tak Aman di Dunia

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Kamboja
Ebola

19. Sierra Leone

Sierra Leone dalam kondisi parah terkena krisis wabah Ebola, dan ini tercermin dalam daftar empat negara terbawah dalam bidang subindeks kesehatan. Meskipun demikian, Sierra Leone berada dalam peringkat ke-54 dari 142 di sub indeks modal sosial membantu mendongkrak peringkat ke-124 di indeks kemakmuran tahun ini.

18. Nigeria

Nigeria mungkin adalah salah satu negara yang ekonominya paling kuat di Afrika, tetapi skornya cukup buruk di semua delapan sub indeks. Negara ini sangat buruk dalam indeks keselamatan dan keamanan, dan menempatkannya dalam salah satu dari lima negara yang paling tidak aman yang disurvei.

17. Ethiopia

Ethiopia mencatatkan hasil yang cukup baik di beberapa sub indeks. Tetapi rendahnya tingkat kewirausahaan dan kesempatan, dan nilai buruk dalam sub indeks pendidikan membuat Legatum Institute menempatkannya sebagai salah satu dari daftar 20 negara paling tidak makmur di dunia.

16. Republik Kongo

Republik Kongo sebenarnya berada dalam 100 besar negara yang memiliki ekonomi teratas, tapi berada dalam ranking 135 dari 142 di sub indeks kesehatan dan telah membuat negara ini jatuh bebas dalam indeks kesejahteraan tahun 2015 yaitu ke-127.

15. Zimbabwe

Mengalami hiperinflasi di awal abad ke-21, tidak mengejutkan ketika Zimbabwe sangat buruk pada sub indeks ekonomi. Keadaan ekonomi yang buruk, ditambah dengan peringkat rendah di sub indeks tata pemerintahan membuat Zimbabwe mengalami penurunan lima tempat di indeks kesejahteraan tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement