Jumat 01 Jan 2021 06:37 WIB

Peristiwa-Peristiwa Penting di Asia Tenggara Sepanjang 2020

Pandemi Covid-19 mewarnai Asia tenggara sepanjang 2020

Red: Nur Aini
Sejumlah peristiwa penting mewarnai kawasan Asia Tenggara sepanjang 2020.

Demonstrasi anti Pemerintah dan Monarki di Thailand

Ribuan mahasiswa Thailand turun ke jalan Kota Bangkok menuntut sejumlah perubahan politik. Protes anti pemerintah dan Raja ini telah berlangsung sejak Juli 2020 akibat ketidakpuasan atas kinerja PM Prayut Chan-o-cha.

Puluhan ribu anak muda Thailand itu menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan mendesak dilakukannya reformasi sistem monarki yang melindungi Raja dari kritik.

Reformasi monarki adalah aspirasi yang sangat tabu di Thailand karena selama ini Raja mendapatkan proteksi dari hinaan dan kritikan lewat hukum Lese-Majeste. Situasi itu diperparah dengan merosotnya ekonomi di Thailand akibat pemberlakuan lockdown Covid-19.

Konsil Pengembangan Ekonomi dan Sosial Nasional Thailand mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Thailand minus 12,2 persen pada kuartal II 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Itu adalah penurunan terbesar sejak Krisis Keuangan Asia pada 1998 silam.

Pemerintah Thailand pada 15 Oktober 2020 menerbitkan dekrit darurat untuk mencegah kegiatan yang membahayakan keamanan nasional. Aparat Thailand juga telah menangkap para pemimpin protes anti-pemerintah.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/peristiwa-peristiwa-penting-di-asia-tenggara-sepanjang-2020/2093310
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement