Rabu 16 Jun 2021 17:32 WIB

Berat Badan Kim Jong-un Disebut Turun, Diet atau Sakit?

Berat badan Kim Jong-un diperkirakan turun sekitar 10-20 kilogram.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, Kim Jong Un menghadiri pertemuan di Pyongyang, Korea Utara, Jumat, 4 Juni 2021.
Foto:

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, mereka tidak memiliki informasi tentang kesehatan Kim. Penampilan Kim yang lebih ramping menjadi fokus perhatian di Korea Selatan. Media Korea Selatan menerbitkan foto-foto penampilan Kim sebelum turun berat badan dan sesudah turun berat badan.

Sebelumnya, masalah kesehatan Kim telah menjadi sorotan global pada tahun lalu, setelah ia melewatkan peringatan ulang tahun mendiang kakeknya. Beberapa analis berspekulasi adik perempuan Kim, Kim Yo-jng, berada di urutan berikutnya untuk mewarisi takhta pemerintahan.  

Seo Yu-seok dari Institut Studi Korea Utara yang berbasis di Seoul mengatakan, pembentukan sekretaris pertama Partai Buruh yang berkuasa kemungkinan terkait dengan masalah kesehatan Kim. Seo mengatakan, Kim mungkin telah mengizinkan pembentukan jabatan itu atas desakan para pejabat tinggi. Namun, hingga saat ini Kim masih belum menunjuk siapa pun untuk menempati jabatan sebagai sekretaris pertama partai.

"Jika Kim menghadapi masalah kesehatan yang nyata, dan dalam kondisi di mana dia tidak bisa mengungkapkan pendapatnya, meskipun dia tidak mati, siapa yang akan membuat keputusan untuk menunjuk sekretaris pertama?”  kata Seo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement