Rabu 11 Aug 2021 12:10 WIB

Korut: Latihan Militer Korsel-AS untuk Persiapan Invasi

AS bersikeras latihan itu bersifat defensif untuk memelihara keamanan Korsel.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Tiga kapal induk Amerika Serikat tiba di pantai timur Korea Selatan untuk ikut dalam latihan militer bersama di semenanjung Korea. ilustrasi
Foto:

Korut memiliki sejarah untuk menekan Korsel ketika tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari AS. Pengamat mengatakan Korut hendak mengeksploitasi ambisi Korsel untuk menciptakan kerja sama antar-Korea. Mereka menekan Seoul untuk tidak menggelar latihan gabungan dengan sekutu.

Kementerian Pertahanan dan Unifikasi Korsel mengatakan Korut tidak menjawab panggilan telepon melalui sambungan telepon antar Korea. Saluran telepon tersebut sempat diputus selama satu tahun sebelum Korut setuju membukanya kembali pada akhir Juli lalu.

Dua negara Korea menggambarkan keputusan itu menandakan keinginan kedua belah pihak memperbaiki hubungan. Dalam pernyataannya Kim Yong Chol, yang mengepalai Departemen Persatuan Korea mengatakan Korsel melepaskan kesempatan untuk memperbaiki hubungan.

"Dengan memilih bersekutu dengan orang luar, bukan hubungan harmonis dengan kompatriotnya, karena pilihan yang salah mereka akan menghadapi krisis keamanan serius," katanya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement