Jumat 17 Sep 2021 14:06 WIB

Australia Tolak Kritik China Terkait Aliansi Indo-Pasifik

Kesepakatan dengan AS dinilai sebagai aliansi kemitraan di kawasan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Perdana Menteri Australia Scott Morrison.
Foto:

Zhao mengatakan, ketiga negara harus meninggalkan mentalitas perang dingin yang usang dan konsep geopolitik yang berpikiran sempit serta menghormati aspirasi rakyat regional. "Mereka harus berbuat lebih banyak yang kondusif bagi perdamaian dan stabilitas regional dan pembangunan – jika tidak, mereka hanya akan berakhir dengan merugikan kepentingan mereka sendiri," kata Zhao Lijian dikutip laman The Guardian, Jumat (17/9).

Para pemimpin Prancis juga mengecam kesepakatan yang menggagalkan kontrak dengan Prancis untuk membangun 12 kapal selam diesel-listrik konvensional bagi Australia.

Pengamat mengatakan, Biden tampaknya telah melupakan nama Morrison selama konferensi pers Kamis, yang disiarkan televisi dari tiga negara.

Presiden menyebut perdana menteri Australia itu sebagai "sahabat" dan "orang itu di Bawah". Biden tidak menggunakan nama Morrison, sementara dia menyebut Johnson sebagai "Boris."

Morrison menertawakan apa yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai pertukaran yang canggung dengan Biden. "Biasanya ketika kami berbicara secara pribadi, dia menyebut saya sebagai 'sahabat'," kata Morrison kepada Seven Network.

Morrison mengatakan dia dan presiden menikmati hubungan kerja yang hebat. "Oh, saya tidak terlalu memperhatikannya. Maksuds saya, hal-hal ini terjadi. Itu sering terjadi," kata Morrison kepada Nine Network.

Morrison akan mengunjungi Amerika Serikat minggu depan untuk pertama kalinya sejak Biden menjadi presiden. Pertemuan ini akan bergabung dengan para pemimpin India dan Jepang untuk pertemuan dialog keamanan Quad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement