Jumat 05 Aug 2022 20:27 WIB

Menlu AS: Latihan Militer China di Selat Taiwan Provokatif

AS menilai latihan militer China di Selat Taiwan hanya akan picu eskalasi.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam gambar yang diambil dari rekaman video yang dijalankan oleh CCTV China, sebuah proyektil diluncurkan dari lokasi yang tidak ditentukan di China, Kamis, 4 Agustus 2022. China mengatakan pihaknya melakukan
Foto:

Okinawa, sebuah pulau paling selatan Jepang, berdekatan dengan Taiwan. Menurut Kishi, tak pernah terjadi sebelumnya rudal China jatuh atau mendarat di ZEE Jepang. Menyusul kejadian itu, Kishi mengungkapkan, negaranya sudah melayangkan protes ke Beijing lewat saluran diplomatik. "Ini masalah serius yang mempengaruhi keamanan nasional kami," ucapnya.

Kemudian dalam latihannya pada Jumat, sejumlah pesawat tempur dan kapal perang milik Beijing bergerak lebih berani, yakni dengan melintasi garis median Selat Taiwan, yakni perbatasan tak resmi antara Beijing dan Taipei. “Pada pukul 11:00 pagi, beberapa kelompok pesawat tempur dan kapal perang Cina melakukan latihan di sekitar Selat Taiwan dan melintasi garis median selat tersebut,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

“Latihan militer ini, apakah itu peluncuran rudal balistik atau penyeberangan yang disengaja dari garis median selat (Taiwan), adalah tindakan yang sangat provokatif,” tambah Kemenhan Taiwan.

China diketahui mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun Taiwan berulang kali menyatakan bahwa ia adalah negara merdeka dengan nama Republik Cina. Taiwan selalu menyebut bahwa Beijing tidak pernah memerintahnya dan tak berhak berbicara atas namanya. Situasi itu membuat hubungan kedua belah pihak dibekap ketegangan dan berpeluang memicu konfrontasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement