Senin 22 Aug 2022 00:45 WIB

Dugaan Pegang 5 Jabatan di Kementerian, Australia akan Selidiki Morrison

Morrison diam-diam dilantik menjabat di beberapa kementerian utama selama pandemi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
=Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan pada Ahad (21/8/2022), pemerintahnya dapat mempertimbangkan penyelidikan terhadap mantan Perdana Menteri Scott Morrison. Morrison diam-diam dilantik menjabat di beberapa kementerian utama selama pandemi virus Corona.
Foto:

Akumulasi rahasia peran ganda Morrison di kementerian Australia dimulai dengan Kementerian Kesehatan dan Keuangan pada 2020. Keputusan ini karena kekhawatiran para menteri dapat terkena Covid-19 saat memegang kekuasaan darurat.

Pada Mei 2021, Morrison juga menjadi menteri dalam negeri dan bendahara negara. Morrison mengatakan, ini sebagian karena anggaran yang disampaikan pada Mei dan negosiasi dengan Inggris dan Amerika Serikat mengenai kesepakatan AUKUS untuk kapal selam nuklir.

Terbongkar keputusan Morrison ini pun langsung menarik banyak perhatian dari banyak pihak termasuk dalam kementerian yang dipegangnya. Tiga dari menteri tidak menyadari Morrison berbagi kekuasaan atas kementerian itu sampai terbongkarnya rahasia itu pada pekan ini.

Menteri Dalam Negeri Clare O'Neil mengatakan kepada ABC TV, bahwa kepala badan intelijen tidak tahu bahwa ada menteri dalam negeri kedua selama satu tahun penuh. "Ini menciptakan kerentanan nyata bagi kita sebagai sebuah negara," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement