Kamis 25 May 2023 11:21 WIB

Lima Jurus Kilicdaroglu Kalahkan Erdogan pada Pilpres Turki Putaran Kedua

Pemilu Turki putaran kedua akan digelar pada 28 Mei.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Kandidat oposisi Turki, Kemal Kilicdaroglu pemimpin kampanye yang lebih kuat untuk mengalahkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pemilu Turki putaran kedua pada 28 Mei.
Foto:

4. Memperebutkan surat suara pemilu

Setelah pemungutan suara putaran pertama, partai oposisi di Turki melaporkan ribuan ketidaksesuaian dan ketidakberesan surat suara. Pada perbedaan antara yang tercatat di TPS dan suara yang masuk ke dalam sistem Dewan Pemilihan Umum (YSK).

Wakil ketua CHP, Muharrem Erkek  mengklaim, suara untuk Kilicdaroglu telah dialokasikan secara tidak benar kepada Muharrem Ince, yang menarik diri dari pemilihan presiden tiga hari sebelum pemilihan. Erkek mengatakan suara tambahan juga diberikan kepada Erdogan. Tetapi dia tidak memberikan bukti. Dia pemilu putaran kedua pada 28 Mei.

 

photo
Turki di Persimpangan - (Republika)

5. Menghidupkan kembali basis pemilihnya

Tak lama setelah hasil pemungutan suara putaran pertama diumumkan, Kilicdaroglu mengatakan kepada para pendukungnya agar jangan putus asa. Kilicdaroglu meyakinkan pendukungnya bahwa dia akan menang di putaran kedua.

“Kami pasti akan memenangkan pemilihan ini di putaran kedua. Semua orang akan melihatnya," ujar Kilicdaroglu.

Kilicdaroglu berhasil mengumpulkan orang-orang Turki dari berbagai garis ke dalam aliansi yang mencakup kaum nasionalis, Islamis, sekularis, dan liberal. Ini adalah basis pemilih yang harus terus ia tarik, kendati banyak yang putus asa setelah pemungutan suara putaran pertama. 

Makin Panas, Erdogan- Kilicdaroglu Saling Serang....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement