Kamis 13 Jul 2023 09:05 WIB

Gagal Jadi Anggota, Ukraina Hanya Panen Janji NATO 

Inggris janjikan rudal jelajah jarak jauh ke Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bersama istri Olena Zelenska di sela pertemuan NATO di Vilnius, Lithuanian, Selasa (11/7/2023)
Foto:

Janji lainnnya, koalisi 11 negara akan mulai melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan pesawat tempur F-16 pada Agustus mendatang di Denmark. ‘’Pusat pelatihan akan didirikan di Rumania,’’ demikian pernyataan koalisi 11 negara itu. 

Meski belum ditentukan mengenai pasokan pesawat F-16, program pelatihan ini akan membuat pilot Ukraina diharapkan sudah mampu menerbangkan F-16 pada awal tahun depan. 

Pemerintah Jerman, memfinalisasi 770 juta dolar AS paket bantuan militer untuk Ukraina. Termasuk dua peluncur Patriot, tambahan 40 kendaraan infanteri tempur Marder, juga tambahan tank tempur serta amunisi. 

Baca Juga: Menhan Inggris ke Zelenskyy: Kami Bukan Amazon

Sedangkan Norwegia, akan meningkatkan dukungan militernya dari 2,5 miliar crown (239 juta dolar AS) pada tahun ini hingga 10 miliar crown. Terakhir, aliansi pertahanan ini sepakat lebih jauh mengembangan Comprehensive Assistance Package (CAP). 

Melalui paket ini, Ukraina mendapatkan bantuan nonsenjata yang komitmen saat ini sebesar 500 juta euro. Ini akan menjadi program multi year. 

Dengan demikian, selepas pertemuan NATO di Vilnius, Ukraina membawa pulang sejumlah janji yang diharapkan benar-benar terealisasi agar pasukannya mampu melakukan serangan balik secara efektif terhadap Rusia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement