Rabu 09 Aug 2023 19:17 WIB

Junta Niger Tolak Seluruh Upaya Diplomatik

Niger tidak mau menerima permintaan untuk memulai negosiasi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Prancis mengutuk kekerasan terhadap misi diplomatiknya di Niger dan berjanji bertindak keras pada setiap serangan
Foto:

AS dan Prancis sekarang harus membuat pilihan sulit. Menurut Hudson, mereka berada di persimpangan antara bekerja dengan para pemimpin junta dalam kontraterorisme atau mengambil risiko menyerahkan tanah yang dimenangkan dengan susah payah kepada milisi dan mungkin Rusia.

Junta yang dipimpin oleh Jenderal Abdourahamane Tchiani telah mengeksploitasi keluhan penduduk terhadap mantan penguasa kolonial Niger, Prancis. Dia juga menuduh pemerintah Bazoum gagal berbuat cukup untuk melindungi negara dari ekstremis dan telah meminta bantuan kelompok tentara bayaran Rusia Wagner. Wagner sudah beroperasi di beberapa negara Afrika, termasuk Mali, dan dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

“Kami selalu berpihak pada kebaikan, berpihak pada keadilan dan berpihak pada mereka yang memperjuangkan kedaulatan dan hak-hak rakyatnya. Hubungi kapan saja,” kata pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin dalam pernyataan audio 30 detik yang diposting di saluran Telegram yang terhubung dengan grup tersebut pada Selasa.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement