Sabtu 23 Mar 2024 12:33 WIB

PM Irlandia Yang Mendadak Mundur, Pernah Membuat Joe Biden Menangis

Biden tampak meneteskan air mata saat Varadkar menyebut nama Beau.

Leo Varadkar.
Foto:

Mengapa Dukung Palestina

Saat berkeliling dunia, Varadkar mengaku para pemimpin sering bertanya kepadanya mengapa orang Irlandia begitu berempati terhadap rakyat Palestina.

“Jawabannya sederhana: kita melihat sejarah kita melalui mata mereka (bangsa Palestina). Sebuah kisah tentang pengungsian dan perampasan, identitas nasional yang dipertanyakan dan ditolak, emigrasi paksa, diskriminasi, dan sekarang kelaparan,’’ ujar Varadkar.

‘’Kami juga melihat sejarah Israel tercermin di mata kami,” kata Varadkar. “Diaspora yang hatinya tidak pernah meninggalkan rumah, berapa generasi pun telah berlalu. Sebuah negara bangsa yang terlahir kembali. Dan, sebuah bahasa dihidupkan kembali.”

Varadkar menekankan peran AS dalam mewujudkan perdamaian di Timur Tengah. Varadkar selalu percaya bahwa Amerika adalah kekuatan yang mampu membawa kebaikan bagi dunia.

Ucapan Varadkar --yang menyentuh hati Biden, melontarkan sanjungan, dan bertumpu pada prinsip-prinsip serta ikatan yang dimiliki bersama antara bangsa Biden dan tanah air leluhurnya-- mungkin merupakan cara yang cerdas secara diplomatis untuk memberikan tekanan pada Presiden AS. 

Biden baru-baru ini mengambil nada yang lebih kritis terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, atas tindakan militernya di Gaza. Namun, Amerika Serikat tetap menjadi salah satu sekutu paling setia Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement