Sabtu 23 Mar 2024 12:33 WIB

PM Irlandia Yang Mendadak Mundur, Pernah Membuat Joe Biden Menangis

Biden tampak meneteskan air mata saat Varadkar menyebut nama Beau.

Leo Varadkar.
Foto:

Dari Galway ke Jalur Gaza

Taoiseach kemudian mencari referensi lain yakni John F Kennedy.  Mantan Presiden AS dan orang Irlandia-Amerika terkenal yang kematiannya sebelum waktunya itu sama seperti Beau Biden.

‘’Kata-kata keduanya dapat mengandung semacam ramalan, semacam janji suci untuk masa depan,’’ kata Varadkar menggambarkan kesamaan antara Beau dan Kennedy.

Varadkar mengutip pidato Kennedy yang disampaikan kepada Parlemen Irlandia pada tahun 1963. Dalam pidatonya berjudul ‘dari Cork hingga Kongo, dari Galway ke Jalur Gaza’, Kennedy mengeluarkan tantangan kepada bangsa Irlandia untuk menjadi pelindung bagi yang lemah dan kecil.

Dalam beberapa bulan terakhir, Irlandia menjadi salah satu negara Eropa yang paling vokal mengkritik perang mematikan Israel melawan Hamas. Varadkar menegaskan kembali seruan negaranya untuk gencatan senjata yang langgeng, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.

Mengapa Dukung Palestina

Saat berkeliling dunia, Varadkar mengaku para pemimpin sering bertanya kepadanya mengapa orang Irlandia begitu berempati terhadap rakyat Palestina.

“Jawabannya sederhana: kita melihat sejarah kita melalui mata mereka (bangsa Palestina)....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement