Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Jamur Dari Kim Jong-un untuk Korsel Senilai Rp 19,83 Miliar

Sabtu 22 Sep 2018 07:30 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

Foto: Pyongyang Press Corps Pool via AP
Jamur akan dibagikan ke 500 warga Korsel yang keluarganya terpisah sejak Perang Korea

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL--Nilai dari dua ton jamur pinus yang dikirim Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Korea Selatan (Korsel) diyakini mencapai 1,5 miliar won atau Rp 19,83 miliar. Jamur ini diberikan sebagai hadiah pada Kamis, (20/9).

Menurut Federasi Kooperatif Kehutanan Nasional cabang Yangyang, harga jamur pinus alam kelas atas atau kualitas utama adalah 769.100 won per kg. Tidak diketahui di mana jamur tersebut tumbuh. Namun diyakini jamur tersebut merupakan produk kualitas utama dari Gunung Chilbosan di Provinsi Hamgyong Utara.

Juru bicara Presiden Moon Jae-in mengatakan, sebanyak dua ton jamur akan diberikan kepada 4.000 warga Korsel yang telah terpisah dari keluarga mereka di Korut sejak Perang Korea.

Seperti diberitakan the Korea Herald, penerima dipilih berdasarkan usia. Ini memungkinkan yang tertua menerima 500 gram hadiah Kim Jong-un sebelum liburan Chuseok yang berlangsung Ahad hingga Selasa pekan depan.

Berdasarkan perkiraan saat ini, setiap keluarga akan menerima sekitar 380 ribu won dalam bentuk jamur."Korea Utara telah mengirim jamur dengan senang hati. (Jamur; red) membawa aroma pegunungan utara," tulis Moon dalam kartu yang dikirim ke keluarganya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA