Selasa 12 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Konvensi Genosida Mulai Berlaku

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Inilah bukti genosida terhadap Muslim Bosnia
Foto:
Senator perempuan pertama AS, Hattie Ophelia Wyatt Caraway di kantornya di Washington.

Pada 12 Januari 1932, seorang senator perempuan pertama yang mengikuti pemilihan mendapatkan kursinya. Hattie Ophelia Wyatt Caraway, seorang Demokrat dari Arkansas menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai anggota senat Amerika Serikat. Caraway lahir di dekat Bakerville, Tennessee.

Ia ditunjuk sebagai senator dua bulan sebelumnya untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh almarhum suaminya, Thaddeus Horatio Caraway.

Dengan dukungan seorang senator yang kuat dari Lousiana, Huey Long, Caraway terpilih untuk mengisi kursi. Pada 1938, ia terpilih kembali. Setelah gagal untuk memenangkan pencalonan kembali pada 1944, ia diangkat ke Federal Employees Compensation Commission oleh Presiden AS saat itu Franklin Roosevelt.

Meski ia adalah senator perempuan yang dipilih secara demokratis, Caraway sebelumnya telah didahului oleh Rebecca Latimer Felton. Felton diangkat sebagai senator pada 1922 untuk mengisi kekosongan tetapi tidak pernah berjalan di pemilihan.

Jeannette Rankin terpilih untuk DPR sebagai pasifis dari Montana pada 1917. Ia adalah wanita pertama yang pernah duduk di Kongres.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement