Kamis 12 Aug 2021 19:03 WIB

Apa Makna Penarikan AS dari Afghanistan Bagi Negara Kawasan?

Sejumlah negara di kawasan mendukung stabilitas Afghanistan untuk perkuat perdagangan

Sejumlah negara di kawasan mendukung stabilitas Afghanistan untuk perkuat perdagangan.

Rusia

Rusia, aktor penting lainnya yang berupaya mencari solusi politik di Afghanistan, mempertahankan kontak dengan Taliban dan pemerintah Afghanistan. Moskow baru-baru ini menjadi tuan rumah serangkaian pembicaraan damai Afghanistan.

Rusia melihat penarikan AS sebagai peluang penting untuk membangun kembali pengaruh Moskow di era pasca-Soviet. Namun di sisi lain, Rusia tidak ingin kekosongan kekuasaan yang diciptakan oleh penarikan ini menimbulkan risiko keamanan bagi kawasan.

Moskow juga khawatir bahwa Afghanistan akan menjadi tempat bagi elemen radikal yang memusuhi Rusia atau mendukung kelompok separatis di wilayah Kaukasus. Untuk alasan ini, pihak berwenang Rusia terus mengawasi perkembangan di Afghanistan.

Menyusul kemajuan pesat Taliban, delegasi Kabul yang dipimpin oleh Hamdullah Mohib, Penasihat Keamanan Nasional Presiden Ashraf Ghani, mengunjungi Moskow pada Juli atas undangan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev.

Dilaporkan bahwa para pihak membahas masalah keamanan, terorisme, dan upaya memerangi bersama penyelundupan narkoba, dan dalam pertemuan itu disoroti bahwa ketidakstabilan di utara Afghanistan mengancam Rusia dan Asia Tengah.

Setelah pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengumumkan bahwa Rusia siap menggunakan pangkalannya di Tajikistan untuk melindungi sekutunya di Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) jika diperlukan.

Pada tanggal 6 Agustus, tentara Rusia melakukan latihan militer bersama dengan angkatan bersenjata Tajikistan dan Uzbekistan di sepanjang perbatasan Afghanistan untuk mengintimidasi Taliban, yang telah menguasai wilayah perbatasan.

Rusia, yang menganggap Asia Tengah dan negara-negara bekas Uni Soviet berada dalam lingkup pengaruhnya, bertindak sebagai penjamin keamanan negara-negara ini. Dalam hal ini, krisis Afghanistan merupakan tantangan signifikan bagi peran Rusia.

Namun, kecil kemungkinan bahwa Rusia, yang memiliki citra sangat negatif di kalangan warga Afghanistan sebagai akibat dari invasi Soviet yang panjang ke negara mereka, akan meluncurkan intervensi bersenjata secara sepihak.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/analisis-apa-makna-penarikan-as-dari-afghanistan-bagi-negara-negara-kawasan/2332068
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement