Kamis 12 Aug 2021 19:03 WIB

Apa Makna Penarikan AS dari Afghanistan Bagi Negara Kawasan?

Sejumlah negara di kawasan mendukung stabilitas Afghanistan untuk perkuat perdagangan

Sejumlah negara di kawasan mendukung stabilitas Afghanistan untuk perkuat perdagangan.

China

China adalah pemain penting lainnya yang diharapkan akan aktif di Afghanistan dalam waktu dekat. Kekhawatiran utama Beijing tentang Afghanistan adalah bahwa kekacauan di seluruh negeri setelah penarikan AS dapat mengubah kawasan itu menjadi mimpi buruk keamanan bagi Beijing.

China khawatir bahwa kebangkitan Daesh dan formasi serupa di Afghanistan dapat memicu kebangkitan Gerakan Islam Turkistan Timur (ETIM) di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang. Dalam konteks ini, salah satu hal yang menjadi perhatian Beijing adalah kerja sama antara Taliban dan ETIM.

Menyusul tuduhan anggota Gerakan Islam Turkistan dilatih oleh Taliban dan dikirim ke China, keinginan Beijing untuk mendirikan pangkalan militer di Wakhan, wilayah perbatasan Afghanistan, terungkap. Namun, Beijing, yang telah mengembangkan hubungan baik dengan Taliban karena kedekatannya dengan Islamabad, sejauh ini mampu mencegah kerja sama tersebut.

Beijing telah mengakui bahwa mereka perlu bekerja sama dengan Taliban sampai batas tertentu untuk menghindari masalah di Afghanistan. Taliban juga menanggapi positif sikap hangat Beijing.

Delegasi Taliban yang baru-baru ini mengunjungi Beijing atas undangan pemerintah China berjanji untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri China dan tidak akan membiarkan wilayah Afghanistan digunakan oleh kelompok-kelompok yang akan mengancam keamanan nasional China.

Selain itu, Afghanistan adalah negara penting bagi Beijing karena terletak di sepanjang rute Belt and Road Initiative (BRI). Beijing lebih memilih Afghanistan yang stabil tidak hanya untuk mencegah gejolak negara itu mempengaruhi wilayah Xinjiang, tetapi juga untuk memastikan keamanan BRI.

China ingin berperan aktif dalam bidang ekonomi di Afghanistan tetapi tidak mau campur tangan secara militer.​​​​​

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/analisis-apa-makna-penarikan-as-dari-afghanistan-bagi-negara-negara-kawasan/2332068
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement