Kamis 13 Oct 2022 09:40 WIB

Kim Jong-un Pantau Uji Coba Dua Rudal Jelajah Strategis

Uji coba dilakukan untuk meningkatkan efisiensi tempur dan kekuatan rudal jelajah.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
 Sebuah foto tak bertanggal yang dirilis pada 10 Oktober 2022 oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) resmi menunjukkan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengawasi latihan militer yang dilakukan untuk memeriksa dan menilai pencegah perang dan kemampuan serangan balik nuklir negara tersebut, di tengah latihan militer gabungan yang sedang berlangsung yang melibatkan pasukan AS dan Korea Selatan di perairan dekat Semenanjung Korea. Korea Utara melakukan latihan dari 25 September hingga 09 Oktober, dan meluncurkan beberapa rudal balistik untuk menguji kemanjuran kemampuan persenjataan nuklir taktis negara tersebut.
Foto:

Rudal jelajah adalah senjata kecil yang baru-baru ini dikembangkan oleh Korea Utara. Rudal ini dinilaimampu terbang rendah dan bermanuver untuk menghindari pertahanan rudal dengan lebih baik.

Tahun lalu, Kim mengatakan, mengembangkan bom yang lebih kecil adalah tujuan utama negara. Para pejabat di Seoul mengatakan, Korea Utara melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017, dan mengembangkan perangkat yang lebih kecil bisa menjadi salah satu tujuannya.  Rudal jelajah Korea Utara biasanya kurang diminati daripada rudal balistik karena tidak secara eksplisit dilarang berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Para analis mengatakan, rudal jelajah dan rudal balistik jarak pendek yang dapat dipersenjatai dengan bom konvensional atau nuklir sangat tidak stabil. Karena jenis hulu ledak yang dibawa tidak diketahui.

 

"Ini mengejutkan, bukan hanya karena hal itu berlalu begitu cepat melewati ancaman yang terus-menerus dan eksistensial, tetapi juga karena membingkai strategi yang mencari diplomasi berkelanjutan menuju denuklirisasi ketika Korea Utara dengan begitu meyakinkan menunjukkan penolakannya terhadap negosiasi," ujar diplomat AS untuk Asia Timur di bawah mantan Presiden Barack Obama, Daniel Russel.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement