Ahad 06 Aug 2023 15:40 WIB

Kunjungi Pabrik Senjata, Kim Jong-un Tekankan Penyempurnaan Kesiapan Perang

Inspeksi Kim dilakukan di tengah rencana latihan bersama AS dan Korsel.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto tak bertanggal yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mencoba senjata selama inspeksi tiga hari dari 3 Agustus hingga 5 Agustus 2023 di pabrik amunisi besar di Korea Utara.
Foto:

Dalam latihan pertahanan rudal tersebut ketiga negara mengerahkan kapal perusak atau destroyer yang dilengkapi Aegis. Korsel menerjunkan ROKS Yulgok Yi I. AS diwakili oleh kapal USS John Finn. Sementara Jepang mengerahkan kapal JS Maya.

Angkatan Laut Korsel mengungkapkan, di bawah skenario peluncuran rudal balistik oleh Korut, latihan berfokus pada praktik prosedur untuk mendeteksi dan melacak target rudal balistik yang disimulasikan komputer, serta berbagi informasi terkait. "Latihan ini berfungsi sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan respons militer kita terhadap rudal balistik dan meningkatkan kerja sama keamanan antara Korsel, AS, dan Jepang," kata seorang pejabat Angkatan Laut Korsel, dikutip laman kantor berita Korsel, Yonhap.

"Berdasarkan sistem tanggapan militer yang kuat dan koordinasi trilateral, (kami) akan secara efektif menanggapi ancaman nuklir dan rudal Korut," tambah pejabat tersebut.

Ketiga negara terakhir menggelar latihan pertahanan rudal trilateral pada April lalu. Latihan terbaru pada Ahad menjadi yang keempat di bawah pemerintahan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol. Yoon diketahui telah melakukan upaya untuk meningkatkan kerja sama trilateral melawan ancaman militer Korut.

Untuk mengantisipasi ancaman rudal balistik Korut, Korsel dan AS pun melakukan latihan udara gabungan pada Kamis (13/7/2023). Dalam latihan tersebut, Negeri Paman Sam menerjunkan pesawat pembom strategis B-52H. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement