Ahad 24 Jan 2021 12:00 WIB

Amanda Gorman, Si Pencuri Perhatian di Pelantikan Joe Biden

Amanda Gorman membacakan puisi di pelantikan Joe Biden.

Amanda Gorman menyampaikan puisi pada upacara pengukuhan Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris di Front Barat Capitol AS di Washington, DC, AS, 20 Januari 2021. Biden memenangkan pemilu 3 November 2020 untuk menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat.
Foto:

Buku laris usai inagurasi

Buku Amanda Gorman laris manis di platform online usai penampilannya dalam inagurasi Biden-Harris. Beberapa jam setelah dia turun dari podium di hari inagurasi itu, penerbit Penguin Children's mengumumkan bahwa mereka akan merilis puisi Gorman sebagai buku hardcover di musim semi.

Penerbit berencana  untuk mencetak 150.000 eksemplar pada penayangan pertama. Proses pencetakkan ini belum pernah terjadi sebelumnya bahkan untuk seluruh koleksi puisi.

"Karena permintaan yang luar biasa," demikian Guardian dikutip Sabtu (23/1).

Beberapa hari sebelum Gorman membaca, juga diumumkan bahwa koleksi debutnya, juga berjudul The Hill We Climb, akan diterbitkan pada 21 September di AS. Buku bergambar pemenang penyair muda nasional, Change Sings, yang ditulis sebagai lagu anak-anak, akan dirilis pada hari yang sama.

Kedua buku melesat ke puncak daftar Amazon dalam beberapa menit setelah Gorman naik ke panggung. Dia pun berbagi reaksinya terhadap ketenaran barunya di media sosial.

"Aku sekarat!" teriaknya di salah satu Instagram Story, saat dia melihat seorang pembaca berita di televisi membaca tweet yang dialamatkan kepadanya dari Lin-Manuel Miranda, pencipta musikal Hamilton, yang menginspirasi sebagian dari puisinya.

Dalam video lain, dia difilmkan menatap Amazon di laptop, di mana The Hill We Climb dan Change Sings masing-masing mencapai No 1 dan No 2 di tangga buku keseluruhan.

"Instagram saya benar-benar rusak, ini bukan permainan, ini bukan lelucon. Saya baru saja mencari dan memiliki satu juta pengikut," katanya. "Saya bahkan tidak dapat memposting apa pun… ada begitu banyak cinta dan dukungan yang datang melalui aplikasi, jadi terima kasih banyak. Ini liar."

Berbicara kepada pembawa acara CNN Anderson Cooper setelah pelantikan, Gorman mengatakan bahwa dia tumbuh dengan kesulitan berbicara. Dia berjuang dengan huruf R, menggunakan lagu Hamilton Aaron Burr, Sir untuk mengatasinya.

"Itu menjadi bagian besar dari patologi wicara saya. Itu sebabnya saya memasukkannya ke dalam puisi pengukuhan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement