Sabtu 27 Mar 2021 06:05 WIB

Kemacetan di Terusan Suez Sebabkan Harga Minyak Naik

Pemilik kapal yang terdampar di terusan Suez berupaya membebaskan kapal pada Sabtu

Red: Nur Aini
Kapal kargo berukuran besar, Ever Given, hingga Jumat, masih menyebabkan kemacetan di Terusan Suez, Mesir.

Pemilik kapal yang terdampar di terusan Suez berupaya membebaskan kapal itu pada hari Sabtu malam waktu Jepang, seperti dilansir Nikkei Asia pada Jumat.

Shoei Kisen, perusahaan yang terafiliasi dengan pembuat kapal utama Jepang, Imabari Shipbuilding, menjelaskan pihaknya telah mencoba menghilangkan sedimen dari sekitar haluan Ever Given, untuk membebaskan kapal tersebut. Tetapi pembebasan kapal tersebut "masih belum berhasil dilakukan."

"Kami terus bekerja untuk menghilangkan sedimen, dengan alat pengerukan tambahan," kata perusahaan itu.

Perusahaan itu memastikan tidak ada kebocoran oli akibat kecelakaan itu maupun cidera pada kru kapal, tambah perusahaan. Shoei mengatakan lima ahli yang dikirimkan oleh sebuah perusahaan asuransi telah bekerja sama dengan otoritas lokal di Suez sejak Kamis.

Shoei Kisen menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. Perusahaan menambahkan, tidak ada laporan tentang masalah instrumen navigasi. Kapal ini dioperasikan oleh Evergreen Marine Taiwan.

Kapal Ever Given memiliki panjang 400 meter dengan berat lebih dari 200.000 ton. Kandasnya kapal tersebut di kanal Suez mengganggu lalu lintas perdagangan dunia melalui jalur laut.

Terusan Suez dianggap sebagai salah satu kanal dan selat terpenting di dunia, merupakan jalur pelayaran terpendek antara Eropa dan Asia.

Sekitar 10 persen perdagangan global melewati jalur Suez yang dikendalikan pemerintah Mesir. Kanal ini merupakan salah satu sumber devisa yang penting bagi Mesir.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kemacetan-di-terusan-suez-mengakibatkan-harga-minyak-naik/2189178
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement