Sabtu 16 Mar 2024 17:43 WIB

Gedung Putih Optimistis Usai Usulan Gencatan Senjata Hamas

Usulan Hamas terdiri dari tiga tahap yang masing-masing berlangsung enam pekan.

Warga Palestina melaksanakan salat Jumat pertama selama bulan suci Ramadhan di samping reruntuhan masjid yang dihancurkan sebelumnya akibat serangan Israel di Rafah, Jalur Gaza selatan, 15 Maret 2024.
Foto:

Sumber yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan bahwa usulan Hamas terdiri dari tiga tahap yang masing-masing berlangsung selama enam minggu.

"Tahap pertama mencakup penarikan pasukan Israel dari berbagai pusat kota, serta dari jalan Rasheed (jalan pantai) dan (jalan pusat) Salah al-Din untuk memungkinkan kembalinya para pengungsi dan pengiriman bantuan," tambah sumber tersebut.

Sumber tersebut mencatat bahwa tahap kedua mencakup pembebasan sandera perempuan, anak-anak, dan lansia yang ditahan di Gaza dengan imbalan pembebasan lebih dari 700 warga Palestina dari penjara Israel.

Tahap ketiga akan mencakup pembebasan tentara Israel yang telah ditangkap di Gaza, dengan gencatan senjata permanen yang akan diumumkan sebelum pertukaran tentara dimulai.

Hamas mengusulkan kepada Israel pembebasan 50 tahanan warga Palestina, 30 diantaranya menjalani hukuman seumur hidup, sebagai ganti setiap tentara perempuan Israel yang saat ini ditawan.

Rencana invasi Rafah...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement