Sabtu 26 Dec 2015 06:06 WIB

24 Fakta ISIS: Mobil Mewah, AIDS, Wanita hingga Sepatu Terlarang

Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto:
Rumah yang pernah ditempati Jihadi John alias Mohammed Emwazi saat masih menentap di London, Inggris.

LONDON -- Pria yang sering muncul dalam video ISIS itu bernama Mohammed Emwazi asal London. Emwazi atau yang lebih dikenal Jihadi John selalu tampil mengenakan jubah hitam dan penutup wajah saat mengeksekusi wartawan dan pekerja asal AS.

Emwazi, tukang jagal ISIS berusia 27 tahun, dibesarkan di pinggiran kota London Barat. Universitas Westminster menyebutkan Emwazi pernah menjadi mahasiswa mereka.

Pada Kamis (26/2), The Washington Post menerbitkan artikel panjang dengan menyebut namanya. Washington Post mengutip perkataan teman Emwazi. "Saya tidak ragu bahwa Muhammad adalah Jihadi John.''

Selang beberapa bulan kemudian, serangan drone AS diyakini telah menewaskan militan Jihadi John di Raqqa, Suriah, Jumat (13/11). Menurut kelompok Syrian Observatory for Human Rights, ia tewas bersama dengan tiga orang lainnya di dalam sebuah mobil ketika diserang drone AS.

"Empat pria muda ada di dalam mobil, termasuk warga negara Inggris yang merupakan tokoh senior ISIS," kata Rami Abdel Rahman dari Observatory pada Guardian. "Kami 100 persen yakin ia tewas. Orang-orang mengatakan pada kami ada banyak bagian tubuh," tambahnya.

sumber : pusat data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement