Sabtu 26 Dec 2015 06:06 WIB

24 Fakta ISIS: Mobil Mewah, AIDS, Wanita hingga Sepatu Terlarang

Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto:
ISIS

MADRID -- Mantan sandera kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) asal Spanyol, Javier Espinosa, membeberkan upaya ISIS membuat penjara dengan keamanan tinggi seperti Guantanamo.

Penjara tersebut dimaksudkan untuk membuat tahanan Barat, merasakan apa yang terjadi di Guantanamo yang selama ini diperuntukan bagi tersangka terorisme.

Seperti dilansir Al-Arabiya, Ahad (15/3), dalam tulisannya di koran El Mundo wartawan Spanyol yang diculik pada 16 September 2013 dan dibebaskan 29 Maret 2014 itu, untuk pertama kalinya merinci eksekusi sandera Rusia Sergei Gorbunov. Espinosa mengatakan, ISIS juga telah mengelompokkan sebanyak 23 sandera dari 11 negara berbeda di sebuah vila di utara Aleppo.

Di penjara tersebut, menurut Espinosa, ISIS mencoba meniru penjara AS Guantanamo yang selama ini digunakan untuk menahan tersangka terorisme. Mengutip informasi wartawan AS James Foley, Espinosa menulis ISIS telah memiliki proyek ini untuk waktu yang lama.

Menurutnya kepala penjaga mengatakan, mereka ingin tahanan Barat merasakan penjara dengan keamanan tingkat tinggi, kamera dan banyaknya penjaga.

sumber : pusat data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement