Sabtu 26 Dec 2015 06:06 WIB

24 Fakta ISIS: Mobil Mewah, AIDS, Wanita hingga Sepatu Terlarang

Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto:
Militan ISIS pamer kekuatan.

KUALA LUMPUR -- Otoritas Malaysia telah menangkap seorang perempuan berusia 27 tahun di Bandara Kuala Lumpur pada malam Natal 2014. Perempuan itu diduga akan berangkat ke Turki sebelum meneruskan perjalanan menuju Suriah untuk gabung ISIS.

''Perempuan itu telah menikah dengan salah satu militan ISIS yang berkebangsaan Maroko,'' kata Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Tan Sri Khalid Abu Bakar, seperti dilansir the Star, Sabtu (3/1).

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan puluhan perempuan warga negaranya telah bergabung dengan ISIS sejak 2011.

‘’Yang terbaru sebanyak 46 wanita Arab Saudi bergabung ISIS dan pergi ke Suriah pada Juli. Mereka pergi bersama dengan anak-anaknya dan sejumlah perempuan,’’ ujar Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mayjen Mansour Al Turki, kepada surat kabar Al Hayat seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Jumat (4/9).

Sementara, laporan yang diterbitkan majelis tinggi Prancis menyebutkan 1.430 warga Prancis telah bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah. Dari data laporan pada Maret 2015, sebanyak 135 wanita Prancis diduga gabung ISIS.

Direktur Pusat Analisis Terorisme di Paris, Jean Charles Brisard, mengatakan para wanita tersebut menjadi target utama untuk bergabung dengan kelompok yang berpusat di Irak dan Suriah itu.

"Propaganda dengan sasaran warga Prancis banyak menampilkan wanita dan anak-anak yang menderita. Video dan foto-foto ini akan menggerakkan hati wanita," jelas Brisard.

sumber : pusat data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement